Gorontalo, 14 November 2025 — Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif (LKPE) IPB University berkolaborasi dengan MAN Insan Cendekia Gorontalo dalam kegiatan Pengayaan ke-2 Sekolah Unggul Garuda Transformasi Klaster 6. Selama dua hari pelaksanaan, program ini mendapatkan respons hangat dan penuh semangat dari para guru serta siswa yang siap berkontribusi bagi terwujudnya Indonesia Emas.
Acara pada Jumat (14/11) dibuka dengan suasana penuh antusiasme dari siswa-siswi MAN Insan Cendekia Gorontalo dan siswa-siswi Sekolah Pengimbasan serta sambutan hangat dari Wakil Kepala Madrasah Bidang Hubungan Masyarakat (Humas), Hj. Trisnawati, S.S., M.Pd. Dalam kesempatan tersebut, beliau mengapresiasi kerja sama yang terbangun bersama IPB University serta menyatakan kegembiraannya menyambut kehadiran tim LKPE.

Rangkaian kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi motivatif dari Rici Tri Harpin Pranata, S.KPm., M.Si. Asisten Direktur Pengembangan Karier dan Kewirausahaan IPB University, yang mengangkat tema “Becoming the Best Version of You: Meningkatkan Self Concept & Self Esteem untuk Sukses Kuliah dan Karier.” Pada sesi ini, siswa-siswi diajak menggali pemahaman tentang jati diri dan potensi pribadi, membangun kepercayaan diri serta harga diri yang sehat, hingga mengembangkan growth mindset sebagai fondasi untuk menjadi pelajar yang tangguh dan tidak mudah menyerah.
“Percaya diri bukan berarti anda harus sempurna. Percaya diri artinya anda tahu anda berharga meski sedang belajar,” tegasnya.

Kegiatan berlanjut hingga hari kedua, Sabtu (15/11), yang diisi dengan dua sesi utama penuh inspirasi untuk peserta guru dan tenaga kependidikan dari MAN Insan Cendekia Gorontalo dan Sekolah Pengimbasan . Pada sesi pagi, Dr. rer pol Heti Mulyati, STP., MT., selaku Direktur Sumber Daya Manusia IPB University, memberikan materi bertema “Peningkatan Standar Akademik: Sertifikasi dan Kompetensi Guru” kepada Guru dan Tendik MAN IC Gorontalo serta Perwakilan guru sekolah pengimbasan.
Dalam paparannya, beliau menyampaikan “If teachers do not innovate, learning for students will die”. Beliau menyoroti pentingnya redefinisi profesionalisme guru di abad ke-21, di mana guru berperan sebagai learning designer dan education innovator yang mampu merancang pembelajaran adaptif, memanfaatkan teknologi, serta mendorong inovasi kelas dan penilaian. Melalui pendekatan ini, guru didorong untuk membangun kompetensi pedagogik dan profesional yang lebih kuat guna menjawab kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.
Sesi ditutup dengan diskusi interaktif per kelompok yang melibatkan guru dan tendik untuk mengidentifikasi tantangan, hambatan, serta solusi terkait pengembangan diri, peningkatan kompetensi, dan pelaksanaan program SUGT. Setiap kelompok menuliskan ide pada sticky note dan ditempel pada flipchart, kemudian mempresentasikan hasil diskusi secara singkat. Kegiatan ini menghadirkan suasana kolaboratif dan mendorong munculnya rekomendasi bersama untuk penguatan praktik pendidikan di sekolah.

Sesi siang dilanjut dengan paparan materi oleh Puji Mudiana, S.P., M.A., selaku Direktur Pendidikan Internasional IPB University dengan materi bertema Inovasi Akademik: Memanfaatkan Teknologi Pembelajaran Masa Depan. Pada sesi ini, beliau menegaskan pentingnya implementasi inovasi dengan membawa perubahan kreatif dan terencana dengan berbagi strategi dan cara mengajar, belajar, serta mengelola sekolah agar lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan tantangan zaman.
“It’s about reimagining how education works, not just adding technology, but rethinking pedagogy, curriculum, and institutional culture,” ujarnya.
Sesi ini ditutup dengan tanya jawab dan berbagi pengalaman yang berlangsung interaktif. Para peserta antusias menyampaikan pandangan, tantangan, serta implementasi inovasi akdemik yang telah mereka terapkan di sekolah masing-masing. Diskusi yang terbuka dan saling menguatkan ini memberikan perspektif baru bagi guru dan tenaga kependidikan untuk terus berinovasi, sekaligus mempertegas pentingnya kolaborasi dalam membangun ekosistem pembelajaran yang adaptif dan berorientasi masa depan.

Kegiatan selama dua hari ini menghadirkan rangkaian pembelajaran yang kaya, kolaboratif, dan penuh inspirasi bagi siswa, guru, maupun tenaga kependidikan. Melalui sinergi antara LKPE IPB University dan MAN Insan Cendekia Gorontalo, program Pengayaan Sekolah Unggul Garuda Transformasi Klaster 6 diharapkan mampu memperkuat ekosistem pendidikan yang progresif, mendorong tumbuhnya talenta muda yang percaya diri, adaptif, dan visioner dalam mewujudkan cita-cita menuju Indonesia Emas.






Kontak Media:
Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif IPB University
Email: lkpe@apps.ipb.ac.id
Telepon: (0251) 8622645

