Mengoptimalkan Keberhasilan Bisnis Melalui Strategi Pengelolaan Stakeholder yang Efektif: Enlightened Leaders Ungkap Kunci Sukses dalam Engagement Stakeholder
28 Juni 2024 – Kompas Gramedia Learning & Insights (Kognisi) dengan bangga menyelenggarakan “Enlightened Leaders KG” yang berlangsung dari 7 Februari hingga 30 Agustus 2024. Program ini berkolaborasi dengan Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif IPB University, dengan tujuan untuk meningkatkan derajat dampak dan kolaborasi para leaders di Kompas Gramedia.
Enlightened Leaders KG mengintegrasikan model pembelajaran 10-20-70. Sebanyak 10% dari waktu program disediakan untuk sesi kelas, di mana peserta mendapatkan wawasan dari pemimpin bisnis di KG, praktisi eksternal, serta seminar. Selanjutnya, 20% waktu dialokasikan untuk sesi mentoring dengan pemimpin dan praktisi dari KG dan eksternal. Sesi utama mencakup 70% waktu program, fokus pada pengembangan melalui proyek langsung, termasuk riset, identifikasi masalah bisnis, perumusan solusi, dan eksperimen untuk nilai tambah bagi unit mereka dan unit sinerginya.
Dr. Indra Refipal Sembiring, S.E., M.M. adalah seorang Manajer Proyek berpengalaman dalam industri pertanian, expert dalam bidang strategi, manajemen proyek, pemasaran, perencanaan bisnis, penjualan, pemasaran, negosiasi, dan jaringan. Saat ini, beliau mengabdi sebagai Dosen Departemen Manajemen FEM IPB University dan menjabat sebagai APAC (Asia Pacific) Sustainability Lead di FMC Corporation.
Pengalaman Dr. Indra Refipal Sembiring meliputi peran penting di perusahaan-perusahaan terkemuka seperti PT HM Sampoerna Tbk, PT BASF Indonesia, serta sebagai Marketing Executive di Monsanto. Sebelumnya, ia juga berkontribusi sebagai Project Assistant di The ASEAN Secretariat, di bawah ASEAN-Australia Development Cooperation Program (AADCP) REPSF, yang merupakan mitra pengelola MDI-International Australia, fokus pada penelitian ekonomi Regional ASEAN dan sektor terkait.
Dalam sesi ini, Dr. Indra Refipal Sembiring, S.E., M.M. menyampaikan beberapa poin penting terkait pemetaan stakeholders, diantaranya:
1. The Organization’s Environment
Dr. Indra menyampaikan poin penting dalam melakukan pemetaan stakeholders, yaitu mengenali lingkungan organisasi seorang manajer dalam beroperasi di organisasi. Lingkungan organisasi tersebut terbagi atas Internal Stakeholders dan External Stakeholders. Internal Stakeholders adalah pihak-pihak yang berada di dalam organisasi. Sedangkan External Stakeholders adalah pihak-pihak di luar organisasi yang memiliki kepentingan atau dampak terhadap organisasi.
2. Strategic Perspective of Stakeholders
Stakeholders dari sudut pandang strategis merujuk pada cara organisasi memandang dan berinteraksi dengan berbagai pihak yang memiliki kepentingan dalam keberhasilan dan kelangsungan operasionalnya. Ini melibatkan pengidentifikasian, penilaian, dan pengelolaan stakeholders secara sistematis untuk mencapai tujuan strategis organisasi. Peserta diperkenalkan dengan Internal Analysis dan External Analysis dalam mengoptimalkan pemetaan stakeholders.
3. Stakeholder Relationship Management
Dr. Indra menjelaskan pendekatan sistematis untuk mengelola interaksi dan hubungan antara organisasi dengan berbagai pihak yang memiliki kepentingan (stakeholders) dalam kesuksesan dan kelangsungan operasionalnya. SRM bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat, saling menguntungkan, dan berkelanjutan dengan stakeholders untuk mencapai tujuan strategis organisasi.
4. Critical Stakeholder for Success
Pemetaan stakeholders dalam mencapai kesuksesan bisnis sangat penting untuk dilakukan. Beberapa tahapan yang penting untuk dilakukan dimulai dari mengenali tujuan utama dari proyek atau bisnis yang akan dijalankan. Lalu mengidentifikasi pihak-pihak yang penting dan memiliki dampak terhadap keberhasilan proyek atau bisnis. Hingga memetakan hubungan dari setiap pihak dengan proyek atau bisnis serta mengidentifikasi value yang menjadi poin hubungan dengan pihak tersebut.
Sesi yang dipimpin oleh Dr. Indra berlangsung secara interaktif, di mana para peserta aktif terlibat dalam diskusi. Dr. Indra mengajak peserta untuk berpikir kritis dengan melakukan sesi praktek secara berkelompok untuk memetakan stakeholders sesuai dengan proyek sinergi yang sedang dikerjakan. Sesi ini diakhiri dengan pengerjaan post-test untuk mengukur pengetahuan peserta setelah adanya pemaparan materi.
Kontak Media:
Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif IPB
Alamat: Kampus IPB Gunung Gede Jalan Pajajaran No.30 Kota Bogor 16128
Email: Ikpe@apps.ipb.ac.id