Program/pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Kartu Prakerja yang diselenggarakan bersama dengan Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.
Deskripsi Pelatihan Pembukuan Menggunakan Aplikasi SIAPIK pada Komoditi Pertanian bagi Analis Keuangan
Pelatihan ini akan mempelajari kompetensi mengenai akuntansi umum, menganalisa transaksi penerimaan dan pengeluaran, serta menyusun dan menganalisa Laporan Keuangan menggunakan aplikasi SI APIK. Aplikasi SI Apik adalah sebuah aplikasi pencatatan keuangan berbasis digital. Pelatihan dapat diikuti oleh peserta yang berminat di bidang keuangan dengan okupasi Analis Keuangan.
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Situasi ideal
Kemampuan dasar menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi akuntansi (SI APIK) sangat dibutuhkan saat ini. Hal ini dikarenakan seluruh lini bisnis membutuhkan laporan keuangan dalam pengambilan keputusan untuk mendukung keberlanjutan sebuah bisnis atau usaha. Penyusunan laporan keuangan sangat dibutuhkan guna membantu dalam menilai kondisi keuangan badan usaha pada periode tertentu. Penggunaan aplikasi akuntansi SIAPIK dapat meningkatkan efisiensi serta efektivitas pencatatan transaksi dan menyusun laporan keuangan, serta analisa keuangan badan usaha, karena dalam aplikasi SIAPIK memiliki berbagai Macam Fitur pencatatan transaksi atas usaha Kecil Menengah dalam berbagai sektor Usah (Jasa, Perdagangan, Manufaktur, Pertanian, Perikanan Budidaya, Perikanan Tangkap, Peternakan, dan Usaha Perorangan) serta membantu seorang akuntan untuk menganalisa laporan keuangan. Si Apik juga dapat memberi kemudahan sebab secara otomatis akan terintegrasi dalam penyusunan Laporan Keuangan, dan dapat diakses dimanapun dan oleh siapapun.
Situasi  faktual yang terjadi di lapangan
Pada era saat ini, kegiatan hampir seluruhnya dilakukan melalui aplikasi, termasuk pembukuan, Laporan Keuangan serta analisa di segala bidang termasuk Usaha Kecil dan Menengah. Akan tetapi banyak usaha kecil dan menengah yang masih melakukan pembukuan, pelaporan dan analisa hasil usaha mereka secara Manual dan tidak taat pembukuan, sehingga membuat mereka belum efektif dalam menghasilkan analisa Laporan Keuangan karena lebih memakan waktu yang lama. Hal ini membuat pengambilan keputusan dalam menjalankan suatu usaha tidak berjalan dengan maksimal. Saat ini salah satu pekerjaan Analis Keuangan yaitu membantu menyusun dan menggunakan laporan keuangan sebagai bahan referensi dalam pengambilan keputusan bisnis, akan tetapi pekerjaan tersebut masih dilakukan secara manual, sehingga proses analisa menjadi semakin lama.
Apa tujuan dari program ini?
Peserta dapat melakukan Penyusunan laporan keuangan melalui aplikasi akuntansi SI APIK dengan penguasaan materi minimal nilai 70 pada saat unjuk keterampilan
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Pada program ini peserta akan mempelajari mengenai akuntansi secara umum, Menganalisa transaksi Penerimaan, menganalisa transaksi Pengeluaran, menyusun dan menganalisa Laporan Keuangan, dan menganalisa Laporan Keuangan menggunakan aplikasi SI APIK. Â Capaian proses pelatihan meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Apa jenis okupasi yang menjadi rujukan program ini?
Okupasi rujukan pada pelatihan ini berdasarkan Indonesia’s Occupational Tasks and Skills (IndoTaSK) 2020 World Bank dan Bappenas yaitu Okupasi Analis Keuangan (nomor 13).
Siapa yang dapat mengikuti program ini?
Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang memiliki minat pada bidang keuangan dan pelaku UMKM di bidang pertanian secara umum. Cocok untuk peserta lulusan SMA, SMK, sederajat, ataupun seseorang yang pernah belajar terkait pembukuan keuangan. Peserta perlu memiliki gawai berbasis android dan alat hitung berupa kalkulator untuk mengikuti pelatihan ini.
Metode pembelajaran pada program ini?
Pelatihan ini dilakukan secara daring/ webinar dengan quota 1 batch pelatihan adalah 150 peserta melalui aplikasi zoom. Jadwal webinar akan dilaksanakan pada hari: Senin-Jumat pada pukul 18.00-21.00 WIB. Detail jadwal belajar dapat dilihat pada kelompok belajar.
Langkah-langkah mengikuti webinar melalui aplikasi zoom:
- Peserta sudah bersiap mengikuti webinar 15 menit sebelum jadwal webinar dimulai
- Peserta klik tautan zoom yang terdapat pada aktivitas webinar sesuai jadwal
- Peserta mengaktifkan kamera (on camera) dengan cara klik gambar kamera
- Peserta mengikuti webinar dan menaati aturan main yang berlaku pada saat aktivitas webinar berlangsung
Metode Evaluasi
- Pre-Test
- Post-Test
- Formative Test
- Unjuk Keterampilan
Jenis Sertifikat:
- Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
- Sertifikat Penyelesaian berpredikat “Sangat Memuaskan”, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min.80% nilai unjuk keterampilan
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating:
1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukkan 100% maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol “Lihat Sertifikat”
3. Jika terdapat kendala, harap menghubungi CS Karier.mu di nomor 0811-890-2171 (WA, hanya chat) atau kariermu@sekolahmu.co.id
Info lebih lanjut:
Silahkan akses pada www.sv.ipb.ac.id atau email:
lp.sekolahvokasiipb@gmail.com
lembagapelatihansvipb@gmail.com
Hotline Pelatihan Sekolah Vokasi IPB:
(WA only, no call)
Admin 1: 0821-2473-8629
Admin 2: 0812-1162-6210
Hotline Karir.mu dan Prakerja
Nomor 0811-890-2171 (WA only, no call) atau email: info@prakerja.go.id kariermu@sekolahmu.co.id