Program/pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Kartu Prakerja yang diselenggarakan bersama dengan Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.
Deskripsi Pelatihan Mendesain UI/UX Aplikasi di Figma bagi Desainer UI/UX
Pada program ini peserta akan mempelajari kompetensi pengenalan fundamental UI/UX, merancang user experience, wireframe, mockup, dan merancang prototype menggunakan aplikasi Figma. Figma adalah tools desain berbasis cloud yang mudah digunakan namun powerfull, sehingga saat seseorang/tim bekerja membuat desain UI mampu melakukan proses kolaborasi pada file yang sama secara real-time. Okupasi yang dirujuk pada pelatihan ini adalah Desainer UI/UX.
Mengapa program ini penting untuk diambil?
Situasi ideal
Seorang desainer UI/UX seharusnya mampu untuk melakukan proses riset terkait user experience yang baik untuk selanjutnya membuat desain User Interface sesuai dengan kebutuhan bagi penggunanya. Pembuatan desain User Interface digunakan untuk pengembangan produk aplikasi dan website. Selain itu, seorang desainer UI/UX harus terampil dalam menggunakan perangkat lunak desain yaitu Aplikasi Figma karena aplikasi ini mudah digunakan, dan memiliki fitur yang sudah cukup lengkap untuk membuat desain user interface yang menarik, dapat diakses secara realtime dan dikerjakan dengan berkolaborasi dengan tim.
Situasi  faktual yang terjadi di lapangan
Banyak desainer UI/UX yang membuat desain User Interface untuk sebuah aplikasi dan website yang tidak memikirkan dari sisi pengguna. Hal itu terjadi karena tidak dilakukannya proses user experience, sehingga fitur yang dibuat tidak efisien dari sisi pengguna dan merugikan para pemegang kepentingan dan perusahaan. Disisi lain, desain UI/UX berpengaruh pada minat seseorang saat mengakses sebuah aplikasi atau website. Namun, kenyataannya saat ini hasil desain user interface umumnya belum sesuai dengan kebutuhan pengguna karena desainer UI/UX belum terampil dalam mengoperasikan Figma.
Apa tujuan dari program ini?
Peserta pelatihan mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur dan sikap profesional dalam mendesain UI/UX dengan menggunakan aplikasi Figma untuk menghasilkan aplikasi  yang mudah dipahami dengan menunjukan minimal nilai 70 pada unjuk keterampilan.
Apa saja yang akan diajarkan melalui program ini?
Pada program ini peserta akan mempelajari mengenai pengenalan fundamental UI/UX, merancang user experience,  merancang wireframe menggunakan figma, merancang mockup dengan menggunakan figma dan merancang prototype dengan menggunakan figma
Apa jenis okupasi yang menjadi rujukan program ini?
Okupasi rujukan pada pelatihan ini berdasarkan Indonesia Critical Occupation list (OCL) 2018 yaitu Desainer UI/UX
Siapa yang dapat mengikuti program ini?
Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang memiliki minat pada bidang UI/UX, dapat diikuti oleh peserta yang sudah pernah belajar UI/UX, minimal pendidikan SMA, SMK Multimedia atau sederajat. Peserta harus memiliki komputer/leptop dengan spesifikasi minimal terdapar browser Chrome 66+ / Firefox 78+ / Safari 13+ / Microsoft Edge 79+, sistem operasi Windows atau MacOS. Untuk perangkat mobile dengan spesifikasi terdapat Safari on iOS 11.4+ atau Chrome on Android 7.0 – 9.0, dan aplikasi Figma.
Metode pembelajaran pada program ini?
Pelatihan ini dilakukan secara daring/ webinar dengan quota 1 batch pelatihan adalah 120 peserta melalui aplikasi zoom. Jadwal webinar akan dilaksanakan pada hari: Senin-Jumat pada pukul 18.00-21.00 WIB. Â Detail jadwal belajar dapat dilihat pada kelompok belajar.
Langkah-langkah mengikuti webinar melalui aplikasi zoom:
- Peserta sudah bersiap mengikuti webinar 15 menit sebelum jadwal webinar dimulai
- Peserta klik tautan zoom yang terdapat pada aktivitas webinar sesuai jadwal
- Peserta mengaktifkan kamera (on camera) dengan cara klik gambar kamera
- Peserta mengikuti webinar dan menaati aturan main yang berlaku pada saat aktivitas webinar berlangsung
Metode Evaluasi
- Pre-Test
- Formative Test
- Tugas Praktik Mandiri
- Post-Test
- Unjuk Keterampilan
- Waktu penyelenggaraan unjuk keterampilan:
Dilaksanakan setelah melakukan post test dan dikumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir berakhir
- Â Instruksi unjuk keterampilan:
Instruksi akan didapatkan di sesi terakhir webinar dan aktivitas unjuk keterampilan
- Gambaran umum instruksi unjuk keterampilan:
Unjuk keterampilan yang akan dilakukan peserta adalah membuat prototyping UI project dalam bentuk video.
Jenis Sertifikat:
- Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
- Sertifikat Penyelesaian berpredikat “Sangat Memuaskan”, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min.80% nilai unjuk keterampilan
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating:
1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukkan 100% maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol “Lihat Sertifikat”
3. Jika terdapat kendala, harap menghubungi CS Karier.mu di nomor 0811-890-2171 (WA, hanya chat) atau kariermu@sekolahmu.co.id
Info lebih lanjut:
Silahkan akses pada www.sv.ipb.ac.id atau email:
lp.sekolahvokasiipb@gmail.com
lembagapelatihansvipb@gmail.com
Hotline Pelatihan Sekolah Vokasi IPB:
(WA only, no call)
Admin 1: 0821-2473-8629
Admin 2: 0812-1162-6210
Hotline Karir.mu dan Prakerja
Nomor 0811-890-2171 (WA only, no call) atau email: info@prakerja.go.id kariermu@sekolahmu.co.id